%0 Generic %A DEBI RANU MEIHARJA, 1013034080 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21196 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS SEBARAN LOKASI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2015 %U http://digilib.unila.ac.id/21196/ %X Sebaran Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Kabupaten Pesawaran berdasarkan kecamatan tersebut, saat ini belum dipetakan secara konvensional ataupun digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis sebaran lokasi absolut, mendeskripsikan pola sebaran, menghitung jarak dan tingkat aksesibilitas Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 19 sekolah, objek penelitian adalah kajian geografi yang menyangkut lokasi absolut, pola sebaran, jarak dan aksesibilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui dan di analisis bahwa, 1) pola sebaran Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran Tahun 2015 digolongkan menjadi pola random (acak) melalui perhitungan teknik analisis tetangga terdekat yang diperoleh nilai T=1,65, 2) Jarak rata-rata setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran dengan pemukiman penduduk diperoleh sebesar 7,08 km yang dikategorikan jauh, 3) Aksesibilitas dari pemukiman ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran dikategorikan Menengah dengan indikator jarak rata – rata berkategori jauh dan kondisi jalan rata – rata berkategori bagus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pola sebaran, jarak, dan tingkat aksesibilitas dapat dipetakan dengan mudah dan akurat. Kata kunci: Pemetaan, Sebaran, Lokasi dan Sekolah Menengah Atas. ABSTRAK BAHASA INGGRIS Distribution of High School public and private in the district of Pesawaran based districts, is not currently mapped conventionally or digitally. This study aims to map and analyze the distribution of the absolute location, describe patterns of distribution, calculate the distance and degree of accessibility from high school Public and Private in the District Of Pesawaran 2015. This research uses descriptive method. Subjects were throughout high school Public and Private in the District Of Pesawaran totaling 19 schools, the object of research is the study of geography concerning the absolute location, pattern of distribution, distance and accessibility. Data collection is done by means of documentation and observation. The results could be known and analyzed that, 1) the distribution pattern from high school Public and Private in the District Of Pesawaran 2015 classified into random patterns by calculating nearest neighbor analysis techniques derived value of T = 1.65, 2) average distance every high school Public and Private in the District Of Pesawaran with settlements obtained for 7.08 km categorized away, 3) accessibility of settlements to high school Public and Private in the District of Pesawaran categorized by the average distance indicators - average category is far and conditions the average - average good category. Based on the results of this study concluded that, the distribution pattern, distance, and level of accessibility can be mapped easily and accurately. Keywords: Mapping, distribution, location and high schools.