?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+1+Rebang+Tangkas+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015)&rft.creator=NIA+NELIANA+%2C+(1113024050)&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+Problem+Based+Learning+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+VII+SMP+Negeri+1+Rebang+Tangkas+semester+genap+TP.+2014%2F2015+pada+Materi+Pengelolaan+Lingkungan.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretes+postes+non-ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+A+dan+C+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kualitatif+dan+kuantitatif.+Data+kualitatif+berupa+data+yang+diperoleh+dari+aktivitas+belajar+siswa+yang+dianalisis+secara+deskriptif%2C+sedangkan+data+kuantitatif+berupa+data+hasil+belajar+yang+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes+dan+postes+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+Uji+t+melalui+program+SPSS+17.+Dan%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+hasil+belajar+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dari+pada+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+82%2C69+dan+kontrol+71%2C15).+Rata-rata+persentase%0D%0ANia+Neliana%0D%0Aiii%0D%0Aaktivitas+belajar+siswa+pada+kelas+eksperimen+juga+menunjukkan+peningkatan+yang+lebih+tinggi+pada+kelas+eksperimen+daripada+kontrol+(eksperimen+%3D+51+dan+kontrol+%3D+40).+Dengan+demikian%2C+penggunaan+model+pembelajaran+Problem+Based+Learning+berpengaruh+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+materi+pengelolaan+lingkungan.%0D%0AKata+kunci+%3A+Problem+Based+Learning%2C+Aktivitas+Belajar%2C+Hasil+Belajar+dan+Pengelolaan+Lingkungan&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-02-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21260%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21260%2F12%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21260%2F11%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++NIA+NELIANA+%2C+(1113024050)++(2016)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PENGELOLAAN+LINGKUNGAN+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+1+Rebang+Tangkas+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C++UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21260%2F