?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+PADA%0D%0AMATERI+POKOK+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP&rft.creator=JANGGAN+ASMORO+ADHI+PUTRANTO%2C+1113024031&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Pembelajaran+IPA+memiliki+fungsi+yang+fundamental+dalam+menimbulkan+serta+mengembangkan+kemampuan+berpikir+kritis%2C+kreatif+dan+inovatif.+Untuk+mencapai+tujuan+tersebut%2C+maka+IPA+perlu+diajarkan+dengan+cara+yang+tepat+dan+dapat+melibatkan+siswa+secara+aktif+yaitu+melalui+proses+dan+sikap+ilmiah.+Berdasarkan+wawancara+kepada+guru+mata+pelajaran+IPA+yang+dilakukan+di+SMP+Negeri+1+Gadingrejo%2C+diperoleh+informasi+bahwa+nilai+mata+pelajaran+IPA+masih+sangat+rendah+dibawah+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM)+yang+telah+ditetapkan+yaitu+65%2C+hanya+sekitar+45+%25+siswa+yang+memperoleh+nilai+mata+pelajaran+IPA+diatas+KKM+atau+%3E+65.+Hal+tersebut+dikarenakan+pembelajaran+masih+didominasi+oleh+guru+(teacher+centered)+sehingga+siswa+tidak+terpacu+untuk+menemukan+sendiri+atau+mencari+informasi-informasi+mengenai+materi+kajian+pelajaran+yang+sedang+dipelajari+yang+dapat+lebih+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.+Untuk+mengurangi+masalah+tersebut%2C+model+pembelajaran+alternatif+yang+dapat%0D%0Adigunakan+adalah+model+Discovery+Learning.+Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+pengaruh+penggunaan+model+Discovery+Learning+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+pokok+ciri-ciri+makhluk+hidup.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretes-postes+kelompok+non+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII2+dan+VII3+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+dari+rata-rata+pretest%2C+postest%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+dengan+menggunakan+uji+t+dan+uji+u+dengan+tingkat+kepercayaan+0%2C05.+Data+kualitatif+berupa+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+terhadap+penggunaan+model+Discovery+Learning+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+menunjukkan+penggunaan+model+Discovery+Learning+dapat+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+dengan+rata-rata+N-gain+dari+pretest+dan+postest+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibanding+kelas+kontrol+(eksperimen+%3D+64%2C80%3B+kontrol+%3D+43%2C92).+Rata-rata+peningkatan+pada+aspek+memberikan+penjelasan+dasar+adalah+98%2C48%2C+membangun+keterampilan+dasar+67%2C27%2C+membuat+penjelasan+lebih+lanjut+63%2C94%2C+dan+menyimpulkan+79%2C58.+Peningkatan+ini+didukung+dengan+aktivitas+belajar+siswa+terhadap+penggunaan+model+Discovery+Learning.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+Discovery+Learning+berpengaruh+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+pokok+ciri-ciri+makhluk+hidup.%0D%0AKata+kunci+%3A+discovery+learning%2C+diskusi%2C+kemampuan+berpikir+kritis.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-02-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21262%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21262%2F15%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21262%2F16%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++JANGGAN+ASMORO+ADHI+PUTRANTO%2C+1113024031++(2016)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+DISCOVERY+LEARNING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21262%2F