creators_name: JANGGAN ASMORO ADHI PUTRANTO, 1113024031 creators_id: asmorojanggan@yahoo.co.id type: other datestamp: 2016-02-29 07:23:09 lastmod: 2016-02-29 07:24:43 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: LB subjects: QH301 full_text_status: restricted abstract: Pembelajaran IPA memiliki fungsi yang fundamental dalam menimbulkan serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka IPA perlu diajarkan dengan cara yang tepat dan dapat melibatkan siswa secara aktif yaitu melalui proses dan sikap ilmiah. Berdasarkan wawancara kepada guru mata pelajaran IPA yang dilakukan di SMP Negeri 1 Gadingrejo, diperoleh informasi bahwa nilai mata pelajaran IPA masih sangat rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 65, hanya sekitar 45 % siswa yang memperoleh nilai mata pelajaran IPA diatas KKM atau > 65. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) sehingga siswa tidak terpacu untuk menemukan sendiri atau mencari informasi-informasi mengenai materi kajian pelajaran yang sedang dipelajari yang dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengurangi masalah tersebut, model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII2 dan VII3 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari dari rata-rata pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji u dengan tingkat kepercayaan 0,05. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata N-gain dari pretest dan postest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (eksperimen = 64,80; kontrol = 43,92). Rata-rata peningkatan pada aspek memberikan penjelasan dasar adalah 98,48, membangun keterampilan dasar 67,27, membuat penjelasan lebih lanjut 63,94, dan menyimpulkan 79,58. Peningkatan ini didukung dengan aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : discovery learning, diskusi, kemampuan berpikir kritis. date: 2016-02-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: JANGGAN ASMORO ADHI PUTRANTO, 1113024031 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/21262/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21262/15/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21262/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf