%0 Generic %A SUCI AMELYA SARI, 1113053109 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:21396 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V A SD NEGERI 3 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/21396/ %X Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes berupa lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru, afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I sebesar 68.42 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 73.31 dengan kategori baik. Nilai kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64.05 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 80.54 dengan kategori baik. Dengan demikian relevansi hasil belajar dengan kinerja guru yaitu apabila kinerja guru dalam kategori baik dan meningkat, maka hasil belajar siswa juga meningkat. Kata kunci: hasil belajar, model quantum learning, pembelajaran IPA