%0 Generic %A DWI NUR INDAH SARI , 0853024009 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:21415 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IDENTIFIKASI BUTIR SOAL IPA PADA MTS GUPPI 03 BELANGA LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/21415/ %X ABSTRAK Hasil observasi di MTs Guppi 03 Belanga Lampung Selatan belum ada perencanaan evaluasi yang dilakukan oleh pihak guru dalam merancang dan merencanakan pembuatan soal. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiidentifikasibutirsoal IPA SiswaKelasIX MTs Guppi 03 Belanga Lampung Selatan Semester GanjilTahunPelajaran 2015/2016. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive Sampling, dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jawaban tes UjianTengah Semester ganjil bidang studi IPA dari siswa kelas IX SMP MTs Guppi 03 Belanga Lampung Selatan yang telah ditentukan kelasnya. Data yang dianalisis berupa hasil tes ujian tengah semester siswa yang diambil dari siswa kelas IX MTs Guppi 03 Belanga Lampung Selatan. Dari hasil analisis yang diperoleh ditabulasikan dan dideskripsikan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Analisis soal dilakukan dengan mengukur beberapa variabel yaitu validitas, reliabilitas, daya beda soal, tingkat kesukaran soal, dan efektivitas distraktor/pengecoh. Hasil penelitian menunjukan bahwa reliabilitas soal yakni baik (0,71). Validitas soal yakni sedang 0,40 s/d 0,70. Tingkat kesukaran soal yakni sangat sukar (1%), sukar (20%), sedang (70%), mudah (4%), dan sangat mudah (4%). Daya beda soal baik sekali (0%), baik (26%), cukup baik (62%), jelek (10%), dan sangat jelek (2%). Keefektifan distraktor yakni berfungsi (82%) dan tidak berfungsi (18%). Dengan demikian, identifikasi butir soal dapat dijadikan acuan dalam pembuatan soal. Kata kunci: Identifikasi butir soal, validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran, daya beda, dan distraktor