%A 1011011174 AMALIA %T PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SARANA KEBUGARAN PLATINUM GYM DI KOTA BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK Saat ini terutama di kota ? kota besar tersedia berbagai macam pilihan sarana kebugaran. Semakin ramainya bisnis sarana kebugaran tentunya semakin ketat pula tingkat persaingannya. Pelayanan yang kurang memuaskan akan menyebabkan berkurangnya konsumen atau bahkan hilang karena konsumen beralih ke jasa layanan lain yang memiliki pelayanan yang lebih baik, untuk itu para pengusaha jasa harus selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan agar dapat bersaing secara sehat dengan yang lainnya dengan cara selalu berusaha memberikan produk atau pelayanan dengan kualitas yang baik agar dapat bersaing secara sehat dengan yang lainnya dengan cara selalu berusaha memberikan produk atau layanan dengan kualitas yang baik agar dapat menciptakan kepuasan pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya naik turun nya pengunjung tiap bulan nya. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan ini akan bermanfaat untuk Platinum Gym untuk referensi akan pentingnya kepuasan konsumen. Ada beberapa dimensi kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen utnuk memilih Platinum Gym yakni bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan, jaminan. Hipotesis yang ada di penelitian ini adalah (Tangible), empati (Empaty), Daya Tanggap (Responsiveness), Kehandalan (Realibility), Jaminan (Assurance) berpengaruh pada kepuasan konsumen Platinum Gym di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling terhadap 125 yang berusia 17 tahun ke atas dan pernah menggunakan Platinum Gym di Bandar Lampung. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen berdasarkan koefisiensi determinasi sebesar R2 =0,584. Hal ini berarti sumbangan variabel X (kualitas pelayanan) sebesar = 58,4%dan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Diketahui bahwa hasil uji F hitung F yaitu F hitung > F tabel (33,4512 > 2,29), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji diketahui bahwa, variabel kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari Bukti Fisik (X1), Empati (X2), Daya Tanggap (X3), Kehandalan (X4), Jaminan (X5). Pengaruh paling besarterhadap kepuasan konsumen (Y) adalah Bukti Fisik (X1) sebesar 5,842 dan yang paling kecil pengaruhnya adalah Daya Tanggap (X3) sebesar 1,986. Saran untuk Platinum Gym sebaiknya mempertahankan Bukti Fisik yang sudah ada, karena para konsumen merasa puas dengan bukti fisik yang ada di Platinum Gym. Kelengkapan fisik, visual menarik, performance atau kinerja karyawan, informasi mempunyai pengaruh yang terbesar dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Untuk itu manajemen Platinum Gym harus mampu mempertahankan bukti fisik yang sudah tercipta dengan baik. Kemampuan Platinum Gym dalam meyakinkan konsumen dan pengetahuan konsumen yang sudah baik harus dapat dipertahankan, konsumen akan percaya dan yakin bahwa mereka akan puas ketika mereka menggunakan gym di Platinum Gym jika mereka merasa yakin terhadap fasilitas yang lengkap dan performance yang diberikan Platinum Gym. Selain itu manajemen Platinum Gym harus mempertimbangkan akan menambahkan jumlah karyawan. Agar dapat memberikan pelayanan yang cepat ketika konsumen meminta bantuan, kesedian karyawan untuk membantu konsumen dengan sigap. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints21428