%0 Generic %A DEPI PUSPITA ARUM , 1213021014 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21435 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21435/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis, persentase siswa tuntas belajar, dan self concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis dan skala self concept siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan problem based learning tidak efektif ditinjau dari self concept dan persentase siswa tuntas belajar tetapi efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, Representasi Matematis, Self Concept