TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21461 UR - http://digilib.unila.ac.id/21461/ A1 - DEWI ARIANI , 1013079108 Y1 - 2015/12/28/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Negara ratu Kecamatan Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan KKM 66 siswa yang tuntas mencapai 24%. Selebihnya belum tuntas.Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan persentase aktivitas siswa. Pada siklus I sebesar 79.2, kategori aktif, meningkat sebesar 3. 7 pada siklus II sebesar 82, 9, kat egor i akt if. Ket unt asan hasil belajar siswa, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 68.4, pada siklus II meningkat sebesar 4,4 menjadi 72.8. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai sebesar 72 %, meningkat menjadi 88% pada siklus II. Kata kunci: Akivitas, Hasil belajar, model Cooperative Learning tipe STAD PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 2 NEGARA RATU LAMPUNG SELATAN TAHUN 2015/2016 AV - restricted ER -