%0 Generic %9 Other %A Adi Suripto, 0913021022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21475 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/21475/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan ekperimen semu de¬ng¬an post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung yang terdiri dari 7 kelas. Sampel pene¬litian ini adalah siswa kelas IX B se¬bagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive random sampling. Da¬ta penelitian ini berupa skor postes kemampuan komunikasi matematis siswa dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif, think pair share