TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21475 UR - http://digilib.unila.ac.id/21475/ A1 - Adi Suripto, 0913021022 Y1 - 2016/01/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan ekperimen semu de¬ng¬an post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung yang terdiri dari 7 kelas. Sampel pene¬litian ini adalah siswa kelas IX B se¬bagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive random sampling. Da¬ta penelitian ini berupa skor postes kemampuan komunikasi matematis siswa dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif, think pair share PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -