%0 Generic %A Junaidi, 1113024033 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21492 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PROFIL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 ( Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri Di Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/21492/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan secara purposive sampling sehingga diperoleh 6 guru IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa deskripsi proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar instrumen pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan dengan standar proses dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan standar proses meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup memperoleh skor rata-rata 52,13% dalam kategori sedang. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 namun masih kurang sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan yaitu memperoleh skor rata-rata 42% dalam kategori rendah. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung sudah sesuai dengan standar proses kurikulum 2013; (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung belum sesuai dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses