%A 1216051090 Riska Devita Jaya %T ANALISIS PEMBENTUKAN DISONANSI KOGNITIF KONSUMEN UD PRIMAGRO JAYA DI LAMPUNG BARAT %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor utama yang membentuk disonansi kognitif konsumen pada UD Primagro Jaya di Kabupaten Lampung Barat. Disonansi kognitif memiliki tiga dimensi yaitu, Emosional, Kebijaksanaan Pembelian, dan Perhatian Setelah Transaksi. Jenis penelitian ini menggunakan proporsional sampling dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen pupuk UD Primagro Jaya di Kabupaten Lampung Barat yang berjumlah 300 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis faktor. Hasil uji analisis faktor diketahui bahwa terdapat 22 indikator membentuk 4 faktor utama disonansi kognitif konsumen UD Primagro Jaya di Kabupaten Lampung Barat yaitu pilihan tidak tepat, persetujuan tidak tepat, perasaan tidak tepat, dan keputusan tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa disonansi kognitif konsumen UD Primagro Jaya di Kabupaten Lampung Barat berada pada tingkat yang rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa produk pupuk dan kinerja pelayanan UD Primagro Jaya sudah baik. Kata Kunci: Emosional, Disonansi Kognitif, Kebijaksanaan Pembelian, Perhatian Setelah Pembelian. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints21499