%0 Generic %A LINDA DWI YULIANTI , 0853034024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:21517 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KENDALA GURU DALAM MENGAJAR IPS DI SMP SWASTA PADA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/21517/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kendala guru dalam mengajar IPS di SMP Swasta di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun 2014/2015. Titik kajiannya pada penguasaan materi, penggunaan media, penggunaan metode, dan penggunaan RPP. Penelitian menggunkan metode deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 18 guru IPS dan semua dijadikan responden. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara terstruktur. Analisis data presentasi sebagai dasar interpretasi dan deskripsi dalam membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Kata Kunci: Kendala Guru, Penguasaan Materi, Penggunaan Media, Penggunaan Metode, Dan Penguasaan Perangkat RPP ABSTRACT This study aims to determine the level of constraints in teaching social studies teacher at the junior high school in the District Natar Private South Lampung regency academic year 2014/2015. Constraints faced by teachers in teaching social studies in junior swastadi integrated Natar Subdistrict studies on mastery of the material, the use of the media, the use of the method and device mastery RPP.Research using descriptive method. The population in this study were 18 teachers who will be the quasi respondents. Collecting data using observation, documentation, structured interviews. Analysis and presentation of data tables as the basis for interpretation and description in a research report. The results showed Keywords: Constraint Master, Mastery Content, Use of Media, Using Method, And Control Devices RPP