title: PENGEMBANGAN SIMULASI PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI EFEK FOTOLISTRIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI creator: AGUS SETIAWAN , 1113022003 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Telah dilakukan penelitian pengembangan simulasi praktikum pada pembelajaran fisika materi efek fotolistrik dengan pendekatan inkuiri.Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan simulasi praktikum efek fotolistrik dengan pendekatan inkuiri, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang diawali dengan analisis kebutuhan, merancang desain produk, membuat produk, kemudian diuji kelayakan oleh ahli baik desain maupun materi dan dilanjutkan dengan uji satu lawan satu serta direvisi. Setelah direvisi, produk diuji di lapangan. Uji lapangan dilakukan pada siswa kelas XII IPA3MAN 1 Metro Kota Metro. Hasil uji produk menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan memiliki nilai kemenarikan dengan skor 3,10 (menarik), kemudahan dengan skor 2,77 (mudah), dan kemanfaatan dengan skor 2,70 (bermanfaat). Selain itu, produk yang dikembangkan efektif dilihat dari hasil belajar siswa, yaitu 77,00% siswa telah Agus Setiawan tuntas KKM yaitu memperoleh nilai lebih dari 75. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah simulasi praktikum yang dikembangkan layak dan efektif sebagai suatu media pembelajaran pada kurikulum 2013 berbasis pendekatan inkuri. Kata kunci: pengembangan, simulasi praktikum, dan pendekatan inkuiri. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2016-02-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21547/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21547/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21547/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AGUS SETIAWAN , 1113022003 (2016) PENGEMBANGAN SIMULASI PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI EFEK FOTOLISTRIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/21547/