title: EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap T.P. 2015/2016) creator: DELLA ANGGRAINI, 1213021013 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: QA Mathematics description: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest–posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa PBL tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, problem based learning, komunikasi matematis publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-03-04 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21553/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21553/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/21553/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DELLA ANGGRAINI, 1213021013 (2016) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap T.P. 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/21553/