creators_name: RESTI AYU WARDHANI, 1213021058 creators_id: restiwardhani@gmail.com type: other datestamp: 2016-03-24 02:43:16 lastmod: 2016-03-24 02:43:16 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016) ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/ 2016 sebanyak 289 siswa yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ada-lah siswa pada kelas VIII-A dan VIII-B yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bah-wa penerapan problem based learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kon-vensional. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, problem based learning date: 2016-03-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RESTI AYU WARDHANI, 1213021058 (2016) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/21554/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21554/9/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21554/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf