%A 1211011108 NANDA NAKULA WISNU %T PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK-TOYOTA AUTO 2000 RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Astra Internasional Tbk-Toyota Auto 2000 Raden Intan Bandar Lampung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Variabel yang diteliti terdiri dari kepercayaan (trust), komunikasi (communication), komitmen (commitment), penanganan keluhan (conflict handling). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0. pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis regresi berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 23.748 dengan tingkat signifikansi 0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment), komunikasi (communication), penanganan keluhan (conflict handling) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karena tingkat signifikansi sebesar 0.000 (< 0.05). Melalui uji parsial diketahui bahwa variabel komunikasi (communication) mempunyai angka signifikansi sebesar 0.000. Ini menunjukan bahwa komunikasi (communication) paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan pada PT Astra Internasional Tbk-Toyota Auto 2000 Raden Intan Bandar Lampung. Kata Kunci : Relationship Marketring, Loyalitas Konsumen %C FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints21557