TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints21585 UR - http://digilib.unila.ac.id/21585/ A1 - FITRI RAHAYU , 1213031036 Y1 - 2016/03/14/ N2 - Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 1 Dente Teladas Tahun Ajaran 2015/2016 dan sampel 69 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Metode penetapan sampel yaitu probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode mengajar, motivasi belajar. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DENTE TELADAS KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -