%A 1213053048 FEBRY HELVITA SARI %T HUBUNGAN BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIBALAU KENCANA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa dan kurangnya bimbingan belajar di rumah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibalau Kencana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 45 siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibalau Kencana yang merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi dengan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) adanya hubungan antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652, (2) terdapat hubungan yang erat antara bimbingan keluarga dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,652 lebih besar daripada rtabel yaitu 0,301. Kata kunci: Bimbingan Keluarga, Prestasi Belajar IPS. %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %R UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints21591