%A 1313093030 ENITA %T PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SINGOSARI KECAMATAN TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Singosari, yang diketahui dari hasil observasi dari 16 orang siswa, hanya 5 orang (31%) mendapatkan nilai di atas KKM 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Singosari melalui model pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif serta perhitungan statistik menggunakan teknik korelasi serial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa siklus I aktivitas belajar dalam kategori cukup, siklus II dan III meningkat dalam kategori aktif. Siklus I dan siklus II ketuntasan klasikal berada dalam kategori belum tuntas dan siklus III ketuntasan klasikal meningkat dengan kategori tuntas. Uji hipotesis kedua diperoleh bahwa ?Ada hubungan positif dan erat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa SDN 1 Singosari?. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar mempengaruhi hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas V SDN 1 Singosari Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints21607