@misc{eprints21615, month = {Februari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV SDN 4 SUKADANA PASAR}, author = {1313093126 SURYANINGSIH }, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21615/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Siklus I ketuntasan klasikal aktivitas siswa 54,5\% (cukup), siklus II menjadi 77,3\% (baik) meningkat sebesar 22,8\%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal afektif 54,5\%, siklus II menjadi 86,4\% meningkat sebesar 31,9\%. Siklus I ketuntasan klasikal psikomotor 59,09\%, siklus II menjadi 81,80\% meningkat sebesar 22,71\%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal kognitif 40,9\%, siklus II menjadi 81,8\% meningkat 40,9\%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar Kabupaten Lam-Tim. Kata kunci: aktivitas belajar,hasil belajar,kooperatif tipe TPS.} }