@misc{eprints21616, month = {Pebruari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KRESNOWIDODO KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {1313093137 TRI WIDIYATI }, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21616/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo, yang diketahui dari hasil observasi dari 22 jumlah siswa, hanya 8 siswa atau 36,36\% yang mampu mencapai KKM (65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Siklus I persentase nilai rata-rata aktivitas secara klasikal sebesar 58,30\% dengan katagori ?Kurang Aktif? dan siklus II meningkat menjadi 70,00\% dengan katagori ?Aktif?. Siklus I nilai rata-rata sebesar 65,15 dengan persentase ketuntasan mencapai 54,55\% dengan kategori ?Belum Tuntas? dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,02 dengan persentase ketuntasan meningkat 27,27\% menjadi 81,82\% dengan katagori ?Tuntas?. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo Kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPS} }