%0 Generic %A NOVITA LIANA SARI , 1211011118 %C FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %D 2016 %F eprints:21646 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI 2010-2014 %U http://digilib.unila.ac.id/21646/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan, dengan variabel kontrol DER, GROWTH dan SIZE. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham yang juga tinggi. Nilai perusahaan dapat meningkat jika institusi mampu menjadi alat monitoring yang efektif. Selain kepemilikan institusional, adanya kepemilikan oleh manajerial juga memengaruhi nilai perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 59 observasi dari 13 perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2010-2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda data panel dengan menggunakan EViews 8. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional (INST), utang perusahaan (DER), dan pertumbuhan perusahaan (GROWTH) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial (MNGR) dan ukuran perusahaan (SIZE ) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hipotesis 1 dan Hipotesis 2 tidak terdukung. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti pada perusahaan lain selain perusahaan properti dan real estate, seperti seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI yang memiliki kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Bagi perusahaan disarankan memperhatikan struktur kepemilikan saham untuk meningkatkan nilai perusahaan. Bagi investor disarankan mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan nilai perusahaan ketika akan berinvestasi. Kata kunci : Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Nilai Perusahaan.