TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21654 UR - http://digilib.unila.ac.id/21654/ A1 - LISDA SYARY, 1113041035 Y1 - 2016/01/13/ N2 - Buku teks Bahasa Indonesia untuk setiap jenjang pendidikan telah banyak digunakan dari berbagai penerbit. Namun, buku-buku itu belum tentu memenuhi standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) baik dari segi isi, maupun bahasanya. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek isi dan bahasa buku Mahir Berbahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks Mahir Berbahasa Indonesia dan data yang diambil berupa isi dan bahasa yang digunakan dalam buku tersebut. Temuan penelitian menunjukkan baik isi maupun bahasa buku sudah tergolong sangat baik. Hanya ada ketidaksesuaian antara tujuan pembelajaran pada bab satu dan dua dengan kompetensi dasar. Demikian pula dengan aspek bahasa, masih terdapat kesalahan pada ejaan seperti kesalahan penulisan huruf kapital, penulisan kata, penggunaan spasi, penulisan di-. Pada penullisan kalimat pun masih terdapat kesalahan, seperti kesalahan penggunaan diksi dan adanya kalimat-kalimat yang tidak logis. Kata kunci: buku teks, kelayakan, isi, bahasa PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - TELAAH ISI DAN BAHASA BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII TERBITAN YUDHISTIRA AV - restricted ER -