TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21682 UR - http://digilib.unila.ac.id/21682/ A1 - WIDYA OCTA RYANTI, 1213053121 Y1 - 2016/03/23/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hanya ada 6 siswa (42,86%) dari 14 siswa mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I menunjukkan kategori ?Baik? dan siklus II menunjukkan kategori ?Amat baik?. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I menunjukkan kategori ?Baik? dan siklus II menunjukkan kategori ?Amat baik?. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 50% dan siklus II mencapai 86%, meningkat sebesar 36%. Kata kunci: Think talk write, aktivitas belajar, hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI 9 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -