%0 Generic %A ADE AYU ERES SETYARINI, 1213053003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21700 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21700/ %X Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan di kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara, diketahui hasil belajar IPS siswa pada ulangan tengah semester ganjil masih rendah, dari 20 orang siswa kelas IV A hanya ada 4 orang siswa atau 20% siswa telah mencapai KKM dan ada 16 orang siswa atau 80% siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think talk write dengan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara. Jenis penelitian adalah penelitian eksprimen dengan rancangan eksperimen Non Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 47,50, dan nilai rata-rata posttest sebesar 66,50, meningkat 19,00. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen menunjukkan angka 0,36, selisih 0,12 dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test dengan menggunakan data N-Gain diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,025, jika dibandingkan dengan ketetapan α = 0,05 maka nilai 0,025 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe think talk write dengan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: model think talk write, media lembar kerja siswa, dan hasil belajar IPS