%0 Generic %A MIFTAHUL AINI, (1213053073) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21721 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG TERANG KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21721/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar ips siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Terang sebanyak 42 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T pada program SPSS seri 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Terang Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada kelas eksperimen (VA) yaitu 91,25 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (V A) yang hanya mendapat nilai 64,55. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, Hasil Belajar IPS