TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints21726 UR - http://digilib.unila.ac.id/21726/ A1 - MAYA PUTRI, (1213053068) Y1 - 2016/03/30/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa dan guru belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam kegiatan belajar mengajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T pada program SPSS seri 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajran kooperatif tipe picture and picture pada kelas eksperimen (IV A) yaitu 79,39 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (IV B) yang hanya mendapat nilai 61,12 Kata Kunci: hasil belajar IPS, Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, pengaruh PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -