%A 1213031021 DWI NURHADI %T STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN PROBLEM BASED LEARNING PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemempuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar Semester Ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara model pembelajaran scaffolding dan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memperhatikan kecerdasan adversitas pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: Kata kunci: berpikir kritis, kecerdasan adversitas, problem based learning scaffolding %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints21741