@misc{eprints21760, month = {April}, title = {PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SEMESTER GENAP KELAS IV SD NEGERI 8 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {(1213053023) BENY WIDAYAT }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21760/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini terlihat dari data dokumentasi nilai ulangan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dari 40 orang siswa kelas IV hanya ada 12 orang siswa atau 30\% yang telah mencapai KKM dan ada 28 orang siswa atau 70\% siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 31,184, dan nilai rata-rata posttest sebesar 66,989. Nilai ratarata pretest kelas kontrol sebesar 31,895, dan nilai rata-rata posttest sebesar 53,989. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,523 dan kelas kontrol sebesar 0,336. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,029, jika dibandingkan dengan ketetapan {\ensuremath{\alpha}} = 0,050 maka nilai 0,029 {\ensuremath{<}} 0,050. Sehingga H o ditolak dan H a diterima, dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn. Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif tipe index card match, hasil belajar, PKn} }