?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+STRATEGI+PEMBELAJARAN+AKTIF+TIPE+INDEX%0D%0ACARD+MATCH+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA%0D%0AMATA+PELAJARAN+PKn+SEMESTER+GENAP%0D%0AKELAS+IV+SD+NEGERI+8+METRO+UTARA%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016&rft.creator=BENY+WIDAYAT+%2C+(1213053023)&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=ABSTRAK%0D%0AMasalah+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+hasil+belajar+siswa+pada%0D%0Amata+pelajaran+PKn.+Hal+ini+terlihat+dari+data+dokumentasi++nilai+ulangan+tengah%0D%0Asemester+ganjil+tahun+pelajaran+2015%2F2016%2C+dari+40+orang+siswa+kelas+IV+hanya%0D%0Aada+12+orang+siswa+atau+30%25+yang+telah+mencapai+KKM+dan+ada+28+orang+siswa%0D%0Aatau+70%25+siswa+yang+belum+mencapai+KKM.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk%0D%0Amengetahui+pengaruh+strategi+pembelajaran+aktif+tipe+index+card+match+terhadap%0D%0Ahasil+belajar+siswa+pada+mata+pelajaran+PKn+kelas+IV+SD+Negeri+8+Metro+Utara.%0D%0AJenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+eksprimen+dengan+desain%0D%0Aeksperimen+Non-Equivalent+Group+Design.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan%0D%0Amenggunakan+soal+tes+tertulis%2C+yang+kemudian+dianalisis+menggunakan+analisis%0D%0Adata+kuantitatif.+Hasil+penelitian+menunjukan%2C+nilai+rata-rata+pretest+kelas%0D%0Aeksperimen+sebesar+31%2C184%2C+dan+nilai+rata-rata+posttest+sebesar+66%2C989.+Nilai+ratarata%0D%0Apretest+kelas+kontrol+sebesar+31%2C895%2C+dan+nilai+rata-rata+posttest+sebesar%0D%0A53%2C989.+Rata-rata+N-Gain+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C523+dan+kelas+kontrol%0D%0Asebesar+0%2C336.+Berdasarkan+hasil+uji+hipotesis+melalui+Independent+Sample+t-test%0D%0Adiperoleh+nilai+signifikansi+sebesar+0%2C029%2C+jika+dibandingkan+dengan+ketetapan+%CE%B1+%3D%0D%0A0%2C050+maka+nilai+0%2C029+%3C+0%2C050.+Sehingga+H%0D%0Ao%0D%0Aditolak+dan+H%0D%0Aa%0D%0Aditerima%2C+dengan%0D%0Akesimpulan+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+pada+penerapan+strategi%0D%0Apembelajaran+aktif+tipe+index+card+match+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa%0D%0Apada+mata+pelajaran+PKn.%0D%0AKata+kunci%3A+Strategi+pembelajaran+aktif+tipe+index+card+match%2C+hasil+belajar%2C+PKn&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2016-04-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21760%2F1%2FABSTRAK%2520BAHASA%2520INDONESIA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21760%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21760%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++BENY+WIDAYAT+%2C+(1213053023)++(2016)+PENGARUH+STRATEGI+PEMBELAJARAN+AKTIF+TIPE+INDEX+CARD+MATCH+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATA+PELAJARAN+PKn+SEMESTER+GENAP+KELAS+IV+SD+NEGERI+8+METRO+UTARA+TAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F21760%2F