TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21760 UR - http://digilib.unila.ac.id/21760/ A1 - BENY WIDAYAT , (1213053023) Y1 - 2016/04/11/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini terlihat dari data dokumentasi nilai ulangan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dari 40 orang siswa kelas IV hanya ada 12 orang siswa atau 30% yang telah mencapai KKM dan ada 28 orang siswa atau 70% siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 8 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 31,184, dan nilai rata-rata posttest sebesar 66,989. Nilai ratarata pretest kelas kontrol sebesar 31,895, dan nilai rata-rata posttest sebesar 53,989. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,523 dan kelas kontrol sebesar 0,336. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,029, jika dibandingkan dengan ketetapan ? = 0,050 maka nilai 0,029 < 0,050. Sehingga H o ditolak dan H a diterima, dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn. Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif tipe index card match, hasil belajar, PKn PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SEMESTER GENAP KELAS IV SD NEGERI 8 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -