%0 Generic %A MEGAWATI, 1313093074 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21765 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI 5 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21765/ %X ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IVC SD Negeri 5 Metro Pusat sebesar 41,67% siswa yang tuntas dari 24 siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IVC melalui penerepan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Make A Match.dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, terlihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Ratarata aktivitas siklus I “baik” dan siklus II “amat baik”. Hasil belajar terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model Cooperative Learning tipe Make A Match