@misc{eprints21775, month = {April}, title = {HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {(1218011044) ELLY RAHMAWATI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEDOKTERAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/21775/}, abstract = {Latar Belakang: Indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah cerminan hasil nilai capaian pembelajaran pada akhir program studi. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap IPK. Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah analitik cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Populasi sebesar 168 dengan sampel sebanyak 167 orang. Data didapatkan melalui pengisian kuesioner VARK dan data IPK. Uji analisis menggunkan uji chi-square. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar terhadap IPK. Kinestetik adalah gaya belajar dominan digunakan yakni sebesar 47,9\% dan IPK dominan adalah kategori sangat memuaskan. Hasil uji chi-square diperoleh nilai p = 0,007. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara gaya belajar terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: IPK, hasil belajar, gaya belajar, VARK ABSTRAK BAHASA INGGRIS Background: Grade Point Average (GPA) is a reflection of learning outcomes at the and of study. Learning outcomes can be influenced by many factors. One of the factors that influence learning outcomes is learning styles. This study aims to determine the relationship between learning styles with GPA. Methods: The design of study was cross sectional analytic, with a sampling technique total sampling, 167 peoples. Data obtained through VARK questionnaires and GPA. The analysis test using chi- square. Result: The result obtained that there is an association between learning styles with GPA. Kinesthetic learning style that is predominantly used which amounted to 47.9 \% and the GPA is the dominant category of very satisfactory. Chi-square test results obtained by p-value 0,007. Conclutions: There is an association between learning styles with grade point average medical student of Lampung University. Keywords: GPA, learning outcomes, learning style, VARK } }