%0 Generic %A SISKA MAISAROH , 1213031082 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21791 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA KEMALA BHAYANGKARI KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21791/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi ekserimen). Pengumpulan data dilakukan tes. Data yang terkumpul melalui tes hasil belajar diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Problem Based Learning (PBL) dengan memperhatikan sikap siswa terhadap mata pelajaran. Kata Kunci: hasil belajar, think pair share, problem based learning, sikap siswa