%A MARLENA Sihnawi %T MANAJEMEN SEKOLAH STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I7 BANDAR LAMPUNG KOTA BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen sekolah SMA Negeri 17 Bandar Lampung. Fokus penelitiannya adalah tentang manajemen kurikulum; manajemen kesiswaan; sarana dan prasarana; manajemen keuangan; manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat di SMA Negeri 17 Bandar Lampung. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif, denagn rancangan studi kasus tunggal di SMA Negeri 17 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, wali murid, pengawas dinas pendidikan kota, siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) SMA Negeri 17 Bandar Lampung manajemen kurikulum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau program kerja sekolah dan pemerintah tetapi masih perlu ditingkatkan, karena masih ada tenaga pengajar yang menjalankan tugas belum optimal disebabkan beberapa kendala, misalnya usia, kesehatan, jarak tempat tinggal guru yang bersangkutan. (2) manajemen kesiswaan juga berjalan dengan baik, namun yang perlu diperbaiki administrasi siswa yang belum tertib (3) manajemen keuangan berjalan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan (4) manajemen sarana dan prasarana belum terlaksana dengan baik dalam bidang administrasi, perawatan, pengamanan, dan penyimpanan barang milik sekolah dan (5) manajemem hubungan sekolah dengan masyarakat dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan masyarakat dan perusahaan (BUMN), tetapi hendaknya lebih aktif untuk mencari informasi perguruan tinggi yang dapat menyalurkan siswa kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kata kunci: Manajemen sekolah This study aims to assess the management of the school in SMAN 17 Bandar Lampung. The focus of research is on the curriculum management; management student; facilities and infrastructure; financial management; management relationship with the public school in SMAN 17 Bandar Lampung. This is a qualitative research design, with a single case study design in SMA 17 Bandar Lampung. Data was collected by interview, observation, and study documentation. Informants of this study is the principal, vice principal, teachers, parents, city education office supervisors, students. Results showed ( 1 ) SMA Negeri 17 Dublin curriculum implemented in accordance with the management plan or program and the school work but the government still needs to be improved , because there is still a duty of teachers is not optimal due to several constraints, such as age, health, shelter distance teacher concerned. ( 2 ) management of student affairs is also going well, but that needs to be fixed yet orderly administration students ( 3 ) financial management run in accordance with the regulations set. ( 4 ) management infrastructure has not done well in the areas of administration, maintenance, security, and storage of goods belonging to the school and ( 5 ) the relationship of the school with the community manajemem done by working with people and companies ( BUMN ), but should more actively seek information to college students who can channel kejenjang higher education . Keywords : school management %D 2014 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints2184