%A 1213031056 MELATI ENGGAR PRASIWI %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dan interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Solving dan Group Investigation dengan memperhatikan sikap positif dan negatif terhadap mata pelajaran. Metode yang digunakan eksperimen semu. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan ( ANAVA ) dan T- test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi model Problem Solving dengan Group Investigation 2) Hasil belajar ekonomi menggunakan model Problem Solving lebih tinggi dibandingkan Group Investigation pada siswa yang memiliki sikap positif 3) Hasil belajar ekonomi menggunakan model Problem Solving lebih rendah dibandingkan Group Investigation pada siswa yang memiliki sikap negatif 4) Ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Solving dan Group Investigation dengan memperhatikan sikap positif dan negatif terhadap mata pelajaran. Kata Kunci : group investigation, hasil belajar, sikap siswa, problem solving %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints21840