creators_name: Ferti Anggraeni, 1213022024 creators_id: anggraeniferti@gmail.com type: other datestamp: 2016-04-23 04:07:44 lastmod: 2016-04-23 04:07:44 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN LKS BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN LKS KONVENSIONAL PADA MATERI OPTIK FISIS ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan LKS berbasis laboratorium virtual dengan LKS konvensional pada materi optik fisis khususnya pada 3 ranah; kognitif, afektif dan psikomotor. Desain penelitian ini menggunakan Pretest Posstest Equivalent Group Design. Data diuji dengan Teknik Pengelompokkan Hasil Belajar, Analisis N-gain, Uji Normalitas dan Mann-Whitney Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan LKS berbasis laboratorium virtual dengan LKS konvesional pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif menggunakan LKS berbasis laboratorium virtual lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional dengan rata-rata N-gain 0,038 (kriteria rendah), tetapi rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotor lebih rendah dibandingkan menggunakan LKS konvensional. Kata kunci: hasil belajar, LKS, laboratorium virtual, konvensional, optik fisis date: 2016-04-14 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Ferti Anggraeni, 1213022024 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN LKS BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN LKS KONVENSIONAL PADA MATERI OPTIK FISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/21860/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21860/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21860/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf