%A 1213053079 NI WAYAN RATIH %T PENERAPAN PENDEKATAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 3 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 3 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 3 Metro Barat melalui penerapan pendekatan PAILKEM. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Teknik non tes menggunakan lembar observasi untuk mengobservasi data aktivitas, hasil belajar afektif dan psikomotor, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif menggunakan soal-soal tes. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I 68 dan siklus II 73. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah 66% dengan kategori ?cukup aktif? dan siklus II menjadi 85% dengan kategori ?sangat aktif? terjadi peningkatan sebesar 19%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 68 dan siklus II menjadi 77. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus I adalah 41% dengan kategori ?kurang? dan siklus II menjadi 79% dengan kategori ?Baik? terjadi peningkatan sebesar 38%. Kata kunci : PAILKEM, aktivitas, hasil belajar dan PKn %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints21870