%0 Generic %A ANJAR MARTANTI, 1413093004 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21873 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN METODE DISKUSI SISWA KELAS VI SD BHAKTI IBU BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN %U http://digilib.unila.ac.id/21873/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Bhakti Ibu Bakauheni Lampung Selatan. Hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan aktivitas belajar siklus I sebesar 57,05% dan pada siklus II menjadi 83,55%. Hasil belajar meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I sebesar 65, pada siklus II menjadi 80,5. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 60% , pada silkus II meningkat menjadi 85%. Kata kunci :Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.