TY - THES CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints21901 UR - http://digilib.unila.ac.id/21901/ A1 - TRI DARMAWATI , 1223031039 Y1 - 2016/03/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan, untuk mendapatkan gambaran tentang proses pembelajaran PKn dalam penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKn, siswa dan kepala sekolah. Instrumen pengumpul data menggunakan panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analysis Interactive Model dari Milles and Huberman, dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn di SMK Negeri 2 Bandar Lampung saat ini telah menggunkan model pembelajaran yang mengutamakan kegiatan belajar berkelompok untuk memahami materi PKn dan upaya penanaman nilai-nilai karakter bangsa yang diberikan melalui pendekatan kooperatif, sedangkan untuk tipenya disesuaikan dengan pendekatan materi pelajaran yang dianalisis oleh guru. Model pembelajaran PKn di SMK Negeri 2 Bandar Lampung adalah model pembelajaran yang terfokus pada penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan dominasi tipe Contextual Teaching and Learning (CTL). Siswa belajar melalui mengalami dan bukan menghapal tetapi dengan constructivism, inquiry, questioning, learning comunity, reflections, dan authentic assesment pengetahuan dari siswa itu sendiri. Sehingga menciptakan ruang kelas yang didalamnya siswa menjadi peserta yang aktif bukan pengamat pasif, dan bertanggung jawab terhadap belajarnya. Kata kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, model pembelajaran, karakter bangsa ABSTRACT The purpose of this study was to obtain an over view of the PKn learning process in installing character values on students. This study used a qualitative approach. The subjects in this study are Civics teachers, students and principals. We used observation, interviews and documentation for data collection.. Analysis of the data, using the Interactive Analysis Model of Milles and Huberman, was accomplished through data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that civics lesson had used, learning that promotes group learning activities to understand the Civics materials. This approach also instills through a cooperative approach work ethic and patrsotic values through a cooperative approach. At the same time, teacher are adapting their approach to the subject matter. The social learning model at SMK Negeri 2 Bandar Lampung focuses on the use of a cooperative learning model, Contextual Teaching and Learning (CTL). Students learning by experiences not by memorizing them by constructivism, inquiry, questioning, learning comunity, reflections, and authentic assesment knowledge of student themselves. So the student can create their learning classroom themselves and being more creative. Keywords: Citizenship Education, learning model, the character of the nation PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - MODEL CTL DALAM PEMBELAJARAAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER BANGSA DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -