%0 Generic %A FITRI MARETA , 1213031034 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:21912 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21912/ %X Penelitian betujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Time Token untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan skala psikologi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1. terdapat perbedaan keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, 2. terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal, 3. terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal siswa terhadap keterampilan sosial, 4. kerampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal, 5. keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) bagi siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal, 6. keterampilan sosial antara siswa yang kecerdasan interpersonal lebih tinggi dibandingkan dengan yang kecerdasan intrapersonal dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), 7. keterampilan sosial antara siswa yang kecerdasan interpersonal lebih rendah dibandingkan dengan yang kecerdasan intrapersonal dengan menggunakan model pembelajaran tipe Time Token. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan sosial, time token, TSTS