TY - THES CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints21921 UR - http://digilib.unila.ac.id/21921/ A1 - HANI DAMAYANTI, 1326061003 Y1 - 2016/03/04/ N2 - ABSTRAK Perusahaan semakin menyadari bahwa program pengembangan bukan hanya sekedar biaya, melainkan investasi dalam human capital yang dapat menguntungkan perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pengembangan human capital dalam meningkatkan kinerja tenaga pemasar produk asuransi jiwa pada Asuransi Prudential Indonesia tahun 2015. Pengembangan human capital dalam meningkatkan kinerja tenaga pemasar produk asuransi jiwa Prudential Indonesia dilakukan dengan melakukan identifikasi komponen human capital, yaitu kemampuan individu, motivasi individu, kepemimpinan, suasana organisasi, dan efektifitas kelompok kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Hasil riset menunjukkan Prudential Indonesia melakukan pengembangan human capital sebagai strategi Prudential Indonesia untuk dapat menjadi yang terbaik dan tidak terkalahkan melalui pelatihan (training) yang berkelanjutan dan terus menerus. Identifikasi kemampuan individu dilakukan agar tenaga pemasar memiliki pengetahuan produk, lisensi, pengalaman, penampilan, jaringan/koneksi, kualitas pemantauan diri, mandiri, serta kreatif. Komponen lain seperti motivasi, support leader, suasana organisasi, dan efektifitas kelompok kerja juga akan mempengaruhi tenaga pemasar untuk dapat mencapai kinerja yang lebih tinggi. Kata Kunci: Human Capital ABSTRACT In present days, companies become more realize that development program is more than just a cost but rather an investment in human capital that can be profitable for the company in long periods of time. This study aimed at finding, describing, and analyzing the human capital development to increase the performance of life insurance marketing staff on Prudential Indonesia Insurance in 2015. Human capital development to increase the performance of life insurance marketing staff on Prudential Indonesia by identifying components of human capital such as individual capability, individual motivation, leadership, the organizational climate, and workgroup effectiveness. This study used a qualitative research approach, the data analysis used interactive model of data analysis which had developed by Miles & Huberman. The analysis result shows that Prudential Indonesia does the human capital development as their strategy to be the best and unchallenged in their field through constant and continous trainings. The human capital development of life insurance marketing staff through human capital component identification is done so that the marketing staff would have better product knowledge, licence, experiences, performance, network/connection, self monitoring quality, independence, and creativity. The other components such as motivation, leader support, the organization climate, and workgroup effectiveness would also give contribution to the marketing staff in order to achieve higher and better quality of work performance. Keywords: Human Capital PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - PENGEMBANGAN HUMAN CAPITAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PEMASAR PRODUK ASURANSI JIWA (Studi Pada Asuransi Prudential Indonesia Tahun 2015) AV - restricted ER -