<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n"^^ . "ABSTRAK\r\nHasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat diukur dari hasil\r\nsetelah proses pembelajaran dilakukan. Dalam inkuiri, siswa memecahkan\r\nmasalah melalui tahapan merumuskan hipotesis, merencanakan eksperimen,\r\nmelakukan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menarik\r\nkesimpulan hingga menemukan suatu konsep. TALULAR \r\nMetode Quasi Experiment dalam penelitian dengan empat kelas eksperimen ini,\r\ndidapatkan semua kelas mengalami peningkatan hasil belajar kognitif dan\r\nkemampuan berpikir kritis dengan menggunakan analisis uji paired simple t-test.\r\nDari rata-rata N-gain masing-masing kelas didapatkan bahwa hasil belajar kognitif\r\nseluruh kelas tergolong kategori sedang yaitu antara 0,402 sampai 0,519. Untuk\r\npeningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tergolong kategori sedang antara\r\n0,479 hingga 0,622 pada indikator memberikan penjelasan sederhana \r\nDari penelitian ini, ada perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada\r\npembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas ketika siswa belajar tanpa\r\nmenggunakan TALULAR dan menggunakan TALULAR. Namun inkuiri\r\nterbimbing dan inkuiri bebas dengan TALULAR belum bisa memberikan\r\nperbedaan pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.\r\nKata kunci: Hasil belajar kognitif, berpikir kritis, inkuiri terbimbing, inkuiri\r\nbebas, TALULAR.\r\nABSTRACT\r\nCognitive learning outcome and critical thinking ability could be measured after\r\nlearning process. In inquiry, students solved problem by making hypothesis,\r\ndesigning and conducting experiment, collecting and analyzing data up to making\r\nconclusion, until finding a concept. TALULAR \r\nQuasi Experiment method is used in four experiment classes, and got result that\r\nimprovement of cognitive learning outcomes and critical thinking ability raised in\r\nevery class by analysis of paired simple t-test. From average N-gain each class,\r\nthe result got cognitive learning outcome categorized as medium level, between\r\n0.402 to 0.519. For improvement of critical thinking ability, is categorized as\r\nmedium level by indicators of giving simple explanation \r\nFrom this research, there is difference in improvement of cognitive learning\r\noutcomes when student learnt by guided inquiry and free inquiry without\r\nTALULAR, and with TALULAR. But in this research, there is no difference\r\nbetween improvement of critical thinking ability in guided inquiry and free\r\ninquiry with using TALULAR and without TALULAR.\r\nKeywords: cognitive learning outcomes, critical thinking, guided inquiry, free\r\ninquiry, TALULAR."^^ . "2016-02-13" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung"^^ . . . . . " PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "1223011049"^^ . "ARIF NURCAHYA "^^ . "1223011049 ARIF NURCAHYA "^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "\r\n\r\n\r\n \r\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \r\nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \r\nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA\r\nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21928 \n\n \n \n \n \nPERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \nKRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING \nDAN INKUIRI BEBAS MENGGUNAKAN “TALULAR” PADA MATA \nPELAJARAN FISIKA DI SMA SUGAR GROUP \n \n\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .