creators_name: IMA SURYANI , 1113023031 creators_id: imah_zakiyya@ymail.com type: other datestamp: 2016-04-27 07:13:00 lastmod: 2016-04-27 07:13:00 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP PERKEMBANGAN TEORI ATOM ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kepraktisan pembela¬jar-an dengan menggunakan model SiMaYangtipe II dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep kimia siswa pada Materi Pokok Perkembangan Teori Atom. 2) Mendeskripsikan keefektivitas pembelajaran dengan mengguna-kan model SiMaYangtipe II dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep pada Materi Pokok Perkembangan Teori Atom. 3) Men¬deskripsikan ukuran pengaruh (effect size) pembelajaran dengan menggunakan model SiMaYang tipe II terhadap peningkatan model mental dan penguasaan konsep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase keterlaksanaan dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajara SiMaYang tipe II memiliki kriteria “Tinggi”. 2) Hasil analisis data aktivitas siswa selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelo¬lah pembelajaran dengan katagori “Tinggi”. 3) Ukuran pengaruh (effect size) menunjukkan nilai sebesar 0.96254 dengan kriteria ” Besar”. Hal ini menun¬jukkan bahwa pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II praktis dan efektif diterap¬kan dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep perkembangan teori atom siswa, serta model SiMaYang Tipe II memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep perkembangan teori atom siswa. Kata kunci : model SiMaYang Tipe II, model mental, penguasaan konsep, ukuran pengaruh ( effect size) date: 2016-03-14 publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: IMA SURYANI , 1113023031 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP PERKEMBANGAN TEORI ATOM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/21938/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21938/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/21938/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf