%0 Generic %A DEA ANJAR WULAN, 1213053026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:21965 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/21965/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPA siswa yang rendah dan guru belum menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan desain yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu, bukan secara acak dan sampel pada penelitian ini terpilih dua kelas yang berjumlah 80 siswa. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan Uji-Student t Test pada program SPSS seri 17.0 for windows ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen (V.C) yaitu 84,63 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol (V.B) yang hanya mendapat nilai 69,25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Mata pelajaran IPA, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Inkuiri. abstrak bahasa inggris The problem in this research was the students' learning achievement of IPA subject that was low and the teacher has not been applied inquiry technique at fifth grade student of State Elementary School 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung year 2015/2016. The research aimed to find the correlation between inquiry teaching technique and students' learning achievement of IPA subject. The method used was quantitative and the design was experimental. Population in the research was all of fifth grade student of State Elementary School 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung year 2015/2016 which were 80 students who were also being the samples. the result that came from data analysis by using T-Test and at SPSS ver 17.0 for windows showed that the average of the students' learning achievement score on IPA subject by using inquiry teaching technique at experimental class (V C) was 84,63 higher than the average of the students' learning achievement score by using lecturing teaching technique at control class (V B) which was only got 69,25 Keywords: learning achievement, inquiry teaching technique