@misc{eprints220, month = {Desember}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GADINGREJO TP.2012/2013}, author = {HARYONO Sutopo}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/220/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII materi Kalor dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan sebenyak tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan,obsevasi dan refleksi. Pada siklus I, II dan III peneliti menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.Aspek yang diamati pada setiap siklus adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Realita menunjukan bahwa sebelum tindakan dilakukan hasil belajar siswa kelas VII c masih rendah ditandai dengan banyaknya siswa yang nilai rata-ratanya dibawah KKM yang ditentukan yaitu 65. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian Haryono ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Hasil penelitian ini menunjukan ada peningkatan altivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 aktivitas siswa mengalami peningkatan 21,88\% ke siklus 1I, yaitu yang sebelumnya 31,25\% dan menjadi 53,15\% pada siklus II dan meningkat kembali siswa yang aktif menjadi 84,38\%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25\% menjadi 81,25\% pada siklus II dan 85\% pada Siklus III. Berdasarkan indikator keberhasilan dan aktivitas siswa kelas VII bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan Strategi pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap pembelajaran materi kalor.} }