?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI%0D%0AMODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STUDENT%0D%0ATEAMS-ACHIEVEMENT+DIVISIONS+(STAD)%0D%0ASISWA+KELAS+IV+SDN+1+GANTIWARNO%0D%0AKECAMATAN+PEKALONGAN%0D%0AKABUPATEN+LAMPUNG+TIMUR%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016&rft.creator=+INDRI+HAPSARI%2C++(1313093054)&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Permasalahan+penelitian+ini+adalah+hasil+belajar+IPS+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1%0D%0AGantiwarno+masih+rendah%2C+hal+ini+disebabkan+oleh+aktivitas+pembelajaran+siswa%0D%0Ayang+masih+rendah.+Oleh+karena+itu+dalam+penelitian+ini+dibahas+tentang%0D%0Apeningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPS+melalui+model+pembelajaran+kooperatif%0D%0Atipe+STAD.+Penelitian+tindakan+kelas+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+penerapan%0D%0Amodel+cooperative+learning+tipe+STAD+meningkatkan+hasil+belajar+IPS+pada+siswa%0D%0Akelas+IV+SD+Negeri+1+Gantiwarno+Tahun+Pelajaran+2015%2F+2016.+Pengumpulan+data%0D%0Adalam+penelitian+ini+menggunakan+pengamatan+aktivitas+guru+dan+siswa+dalam%0D%0Aproses+pembelajaran.+Analisis+data+menggunakan+Analisis+Data+Triangulasi.+Hasil%0D%0Aanalisis+data+menunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD%0D%0Adalam+proses+pembelajaran+IPS+pada+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+1+Gantiwarno+dapat%0D%0Ameningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+rata-rata%0D%0Anilai+aktivitas+guru+pada+siklus+I+(57%2C89)%2C+dan+pada+siklus+II+(70%2C01).+Lalu+rata-rata%0D%0Aaktivitas+siswa+pada+siklus+I+(56%2C42)%2C+dan+siklus+II+(73%2C21)%2C+sementara+persentase%0D%0Aketuntasan+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+sebanyak+7+siswa+(35%25)%2C+dan+siklus+II%0D%0Asebanyak+17+siswa+(85%25).+Kesimpulan%2C+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif%0D%0Atipe+STAD+pada+proses+pembelajaran+IPS+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil%0D%0Abelajar+mata+pelajaran+IPS+kelas+IV+SD+Negeri+1+Gantiwarno+Kecamatan%0D%0APekalongan+Kabupaten+Lampung+Timur+Tahun+Pelajaran+2015%2F+2016.%0D%0AKata+kunci+%3A+hasil+belajar+IPS%2C+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.date=2016-03-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22033%2F1%2FABSTRAK%2520BAHASA%2520INDONESIA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22033%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22033%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++INDRI+HAPSARI%2C+(1313093054)++(2016)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STUDENT+TEAMS-ACHIEVEMENT+DIVISIONS+(STAD)+SISWA+KELAS+IV+SDN+1+GANTIWARNO+KECAMATAN+PEKALONGAN+KABUPATEN+LAMPUNG+TIMUR+TAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016.++UNIVERSITAS+LAMPUNG%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F22033%2F