%0 Generic %A INDRI HAPSARI, (1313093054) %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %F eprints:22033 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SISWA KELAS IV SDN 1 GANTIWARNO KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/22033/ %X Permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno masih rendah, hal ini disebabkan oleh aktivitas pembelajaran siswa yang masih rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe STAD meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data menggunakan Analisis Data Triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas guru pada siklus I (57,89), dan pada siklus II (70,01). Lalu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (56,42), dan siklus II (73,21), sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 7 siswa (35%), dan siklus II sebanyak 17 siswa (85%). Kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Kata kunci : hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD